Senin, 17 Oktober 2011

Jenis kepemimpinan dalam sistem manajemen

Ada beberapa jenis kepemimpinan dalam suatu sistem manajemen, yaitu berupa kepemimpinan mandiri, kepemimpinan relasi, kepemimpinan dedikasi, dan kepemimpinan terpadu. Penjelasan terhadap jenis kepemimpinan tersebut adalah sebagai berikut:

Kepemimpinan mandiri, jenis kepemimpinan ini adalah kepemimpinan yang berfokus pada sistem dan prosedur, misalnya bekerja menurut peraturan yang berlaku dan dapat bertanggung jawab berdasarkan hukum, mengabaikan hasil yang positif dan faktor kebutuhan manusia.

Kepemimpinan relasi, jenis kepemimpinan ini adalah kepemimpinan yang berfokus pada faktor manusia, khususnya relasi antara manusia yang baik, sehingga diharapkan akan memperoleh hasil yang baik pula. Jenis kepemimpinan ini senang terhadap pujian dan peka terhadap masalah-masalah manusia.

Kepemimpinan dedikasi, jenis kepemimpinan ini adalah kepemimpinan yang berfokus pada hasil karya bawahannya tanpa memperhatikan situasi dan kondisi karyawan yang bersangkutan. Prestasi dan hasil karya adalah kunci sukses jenis kepemimpinan ini. Pujian baru dapat diterima bila telah berhasil secara nyata.

Kepemimpinan terpadu, jenis kepemimpinan ini adalah kepemimpinan berdasarkan realita, yang berfokus pada unsur manusia dan unsur hasil karya, yang dinilai sama pentingnya. Bawahan atau karyawan harus senang (tidak boleh menderita) tetapi harus menghasilkan karya nyata.

Manakah jenis kepemimpinan yang paling cocok dalam usaha untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi? Semua tergantung kepada situasi dan kondisi organisasi yang bersangkutan. Tidak ada rumusan yang pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar