Minggu, 16 Oktober 2011

Pentingnya perencanaan dalam pembangunan ekonomi

Dengan adanya perencanaan, diharapkan terdapatnya suatu pengarahan kegiatan, adanya pedoman bagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada pencapaian tujuan pembangunan ekonomi.

Dengan perencanaan, maka dilakukan suatu perkiraan (forecasting) terhadap hal-hal dalam masa pelaksanaan yang akan dilalui. Perkiraan bukan hanya dilakukan mengenai potensi-potensi dan prospek-prospek perkembangan, tetapi juga mengenai hambatan-hambatan dan resiko-resiko yang mungkin akan dihadapi. Perencanaan dalam pembangunan ekonomi mengusahakan supaya ketidakpastian dapat dibatasi sedikit mungkin.

Perencanaan memberikan kesempatan untuk memilih berbagai alternatif tentang cara pembangunan ekonomi yang terbaik (the best alternative) atau kesempatan untuk memilih kombinasi cara yang terbaik (the best combination) untuk mendapatkan hasil pembangunan ekonomi yang terbaik pula.

Dengan perencanaan, dilakukan penyusunan skala prioritas. Memilih urutan dari segi penting atau tidaknya suatu tujuan pembangunan ekonomi, sasaran maupun kegiatan usahanya.

Dengan adanya rencana, maka akan ada suatu alat pengukur atau standar untuk mengadakan pengawasan atau evaluasi (control or evaluation).

Perencanaan digunakan lebih sebagai suatu alat atau cara untuk mencapai tujuan dengan lebih baik. Dengan adanya perencanaan yang matang dan penuh perhitungan, diharapkan apa yang menjadi tujuan dari pembangunan ekonomi dapat tercapai dengan cepat dan sesuai dengan target yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar