Selasa, 11 Oktober 2011

Manfaat mempelajari pendapatan nasional

Dalam menentukan pendapatan nasional suatu negara, perhitungan pendapatan relatif sulit dikatakan tepat atau akurat, karena sangat dipengaruhi oleh data statistik yang dikumpulkan setiap tahunnya. Walaupun tidak bisa tepat dalam perhitungannya, namun perhitungan pendapatan nasional bisa dijadikan sebagai salah satu tolok ukur untuk menunjukkan keberhasilan ekonomi suatu negara. Adapun manfaat mempelajari pendapatan nasional adalah sebagai berikut:
a.    Untuk mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah agraris, industri, dan sebagainya.
b.    Untuk mengetahui kemajuan ekonomi atau perkembangan perekonomian dari tahun ke tahun, apakah mengalami kemajuan, kemunduran, atau tetap.
c.    Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat setelah dibandingkan dengan jumlah penduduk, yaitu tentang pendapatan perkapitanya.
d.    Untuk membandingkan perekonomian antar negara di dunia.
e.    Sebagai pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijaksanaan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan ekonomi nasional.
f.    Untuk mengetahui penggunaan pendapatan masyarakat.
g.    Sebagai pedoman untuk melaksanakan pembangunan.

Perhitungan pendapatan nasional yang dilakukan oleh suatu negara dapat menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara tersebut. Dan dengan mengamati tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, kita dapat menilai perkembangan negara tersebut dalam mengendalikan kegiatan ekonominya, baik dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang. Tolok ukur yang paling baik untuk menunjukkan kemakmuran suatu negara adalah dengan menentukan Pendapatan Nasional Bruto riil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar