Jumat, 02 Desember 2011

Pengertian laut

Laut adalah keseluruhan massa air yang saling berhubungan, yang mengelilingi semua sisi daratan di bumi. Laut yang besar dinyatakan sebagai samudera (lautan). Dari pantai ke laut dalam, pertama-tama terdapat suatu jalur dasar laut yang datar, yakni dataran kontinental yang merupakan lanjutan tanah daratan di bawah permukaan laut. Dari kedalaman 180 M kemiringan itu arah ke tengah laut disebut lereng kontinental, lanjutan daratan kontinental di bawah permukaan laut. Pada kedalaman 3.000 – 6.000 meter baru terdapat dasar laut yang dalam atau dalam bentuk cekungan besar, yang dipisahkan oleh punggung-punggung laut di bawah permukaan laut.

Rata-rata kedalaman laut di dunia adalah 3.730 meter. Yang paling dalam adalah 11.515 meter (Palung Marian di Samudera Atlantik).

Makin murni kadar air laut, makin biru warnanya. Bahan-bahan organik dan benda-benda yang mengapung membuat warna menjadi kehijau-hijauan. Kegelapan dalam laut rata-rata 10% per meter dari dalamnya; pada kedalaman 200 meter air laut sudah betul-betul gelap. Pada bagian-bagian yang lebih dalam temperatur pada umumnya lebih rendah daripada permukaan. Di bawah kedalaman 1.000 meter suhu adalah sekitar 0 derajat celcius.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar